Wajib Tahu, Inilah 7 Perbedaan Infinix Note 8 dan Note 7!

infinix note 8

Infinix Indonesia secara resmi telah mengeluarkan dua produk di seri Note pada waktu yang berbeda. Infinix Note 7 hadir pada Mei 2020, sedangkan Infinix Note 8 yang menjadi penerusnya hadir pada bulan November 2020. Masih berada di tahun yang sama, perbedaan keduanya pun cukup beragam tapi dengan peningkatan yang tipis-tipis pada Note 8.

Yang pasti, keduanya dimaksudkan untuk menunjang pasar entry-level yang siap dipakai bermain game dan menawarkan imersif lebih dari ukuran layarnya yang besar. Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, kini waktunya Anda mencari tahu selengkapnya mengenai perbedaan Infinix Note 7 dan Infinix Note 8 yang telah kami siapkan untuk Anda.

Spesifikasi Infinix Note 8

  • Rilis: November, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,95 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU: Mali G52 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 2 MP + 2 MP + AI Lens
  • Kamera Depan: 16 MP + 2 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi Infinix Note 7

Infinix Note 7

  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,95 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 m

Cek spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Infinix Note 8 dan Infinix Note 7

Seharusnya sih Infinix Note 8 punya spesifikasi lebih unggul ketimbang generasi predesornya. Berikut adalah beberapa poin perbedaan keduanya untuk disimak.

1. Helio G70 vs. Helio G80

helio g80

Bermain game dengan lancar tidak perlu HP mahal. Dengan kedua ponsel entry level dari Infinix ini, game berat seperti PUBG Mobile pun siap dilahap dengan performa baik. Infinix Note 7 dan Note 8 sama-sama memakai chipset khusus gaming persembahan MediaTek.

Memang tidak pakai Snapdragon, tapi seri G dari Helio selalu menawarkan performa yang menakjubkan di kelasnya, tercermin pada Infinix Note 7 yang menggunakan MediaTek Helio G70.

Kalau mau yang lebih kencang lagi, sudah ada generasi penerus Infinix Note 8 yang dibekali Helio G80. Keduanya sama-sama menghadirkan fabrikasi 12 nm dan sudah memakai ARM Cortex A75 sehingga sudah siap dipakai gaming.

Mengikuti logika penomoran, Helio G80 semestinya lebih canggih dari Helio G70. Seberapa jauhkan perbedaan performa di antara keduanya? Menurut sumber, Infinix Note 7 mengantongi skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 194.170 poin.

Sedangkan, Infinix Note 8 sendiri berhasil meraih skor lebih tinggi di angka 203.000. Ternyata, peningkatan performanya tidak drastis dibandingkan seri pendahulunya.

2. XOS 7.1 vs XOS 6.0

xos 60 android 10

Sistem operasi Android semakin canggih dari tahun ke tahun, menyuguhkan UI yang lebih nyaman dan fitur-fitur baru serta meningkatkan fitur lama. Vendor Infinix sendiri membalut OS Android ini dengan skin yang mereka namakan XOS.

Nah, mengingat keduanya “lahir” di waktu yang berbeda, Infinix Note 8 sudah kebagian XOS 7.1 saat rilis, lebih tinggi dari Infinix Note 7 yang dilepas dengan XOS 6.0.

Ada beberapa fitur yang dikembangkan pada XOS 7.1 ini. Misalnya, Social Turbo yang asalnya hanya berfungsi untuk WhatsApp biasa kini bisa dipakai juga untuk WhatsApp Business. Ada juga fitur Video Ringtone yang mengizinkan Anda untuk mengubah tampilan layar saat seseorang menelepon, dengan video yang ada di galeri. Masih banyak lagi peningkatan lainnya.

3. USB Type-C vs. MicroUSB

infinix note 8 usb tipe c

Jenis port pengisian terbagi jadi dua, yakni microUSB dan USB tipe-C. MicroUSB adalah versi yang jadul, sudah semakin  jarang ponsel yang menawarkan port ini kecuali untuk di rentang harga entry-level tertentu. Infinix Note 7 rupanya menggunakan microUSB alih-alih USB tipe-C yang terdapat pada Infinix Note 8.

Ini jelas membuat Infinix Note 7 terlihat kurang berdaya saing, karena microUSB lebih lambat dalam melakukan pemindahan data dan juga lebih ribet saat dimasukkan kabel.

4. Baterai

infinix note 8 baterai

Untuk bisa dipakai bermain game lama-lama, ponsel Infinix Note 7 dan Note 8 pastinya dihadirkan dengan kapasitas baterai super besar. Tidak ada yang berbeda jauh dari keduanya.

Hanya saja, Note 8 sedikit lebih unggul dengan menawarkan baterai 5.200 mAh ketimbang Note 7 dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan perbedaan yang terlalu sedikit di sektor baterai, Infinix Note 8 punya daya tahan yang sedikit lebih baik.

Saat dipakai berbagai aktivitas berat, Infinix Note 7 mampu bertahan selama 10 jam 36 menit sebelum akhirnya habis baterai. Bisa dikatakan kalau Note 8 juga punya durasi yang serupa atau malah lebih lama.

5. Desain Bodi

infinix note 7 layar

Kalau dalam hal ini, Infinix Note 7 menang telak. Mengapa? Karena Infinix Note 8 memang tidak bisa menandingi Note 7 dalam hal keunikan desain, dengan modul kamera bulat yang diletakkan di tengah sehingga bodi belakang menjadi simetris.

Infinix Note 8 sayangnya terlihat begitu biasa saja, mengusung desain modul kamera yang diletakkan di pojok. Di bagian depan, Infinix Note 8 tapi sedikit lebih baik karena menyuguhkan tampilan Dual Punch Hole, sementara Note 7 hanya satu punch hole. Pengguna Note 8 pun jadi punya bragging right dan bisa memukau orang sekelilingnya karena punya HP dengan dua kamera depan.

Menyoal warna, keduanya sama-sama memiliki tema Gem Cut atau potongan berlian, sehingga coraknya memang membentuk garis-garis geometris yang melambangkan potongan berlian. Ada tiga varian untuk Note 8, warna abu-abu, biru, dan juga hijau. Sementara untuk Infinix note 7, ada Forest Green, Aether Black, dan Bolivia Blue.

6. Kamera

infinix note 8 kamera

Kalau ingin punya HP murah khusus game tapi juga menawarkan Quad Camera, ada Infinix Note 8 dan Note 7 yang siap dijadikan pilihan. Infinix Note 8 punya kamera utama 64 MP dengan ukuran sensor 1/1,73 inci, berbeda dengan Note 7 yang hanya beresolusikan 48 MP f/1.8 dengan sensor berukuran 1/2.0 inci.

Selain dari kamera utama belakang yang lebih unggul, Infinix Note 8 juga menang dalam hal kamera depan. Ponsel Infinix Note 8 ini punya kamera depan 16 MP dan tambahan satu kamera kedalaman 2 MP. Sedangkan, Infinix Note 7 hanya punya satu kamera depan saja dengan resolusi 16 MP.

7. Harga Saat Rilis

infinix note 8 ram dan memori internal

Melihat betapa Infinix Note 8 mengalahkan Note 7 dari hampir segala hal, mungkin Anda berpikiran kalau Note 8 ini lebih mahal dari Note 7 saat rilis. Rupanya tidak, Infinix Note 7 sendiri hadir pada 5 Mei 2020 dengan harga Rp2,5 juta.

Sementara itu, Infinix Note 8 sendiri hadir dengan dua varian harga saat dirilis pada tanggal 11 November 2020, yakni seharga Rp2 juta untuk RAM 6 GB dan memori internal 64 GB, serta Rp2.349.000,- untuk versi memori internal 128 GB dan RAM 6 GB.

Simpulan

Infinix memang selalu punya keunikan tersendiri setiap kali merilis ponsel entry-level. Seolah seperti wild card, tiba-tiba ada dua ponsel seharga Rp2 jutaan yang ukuran layarnya sebesar 6,9 inci, hampir menyerupai tablet. Padahal approach ini agak jarang dilakukan oleh vendor lainnya.

Walau terlihat gimmicky, kedua ponsel ini terbukti bukan hanya isapan jempol belaka dengan performanya yang bersaing, baterai super irit, dan juga harganya yang sungguh bersahabat. Infinix Note 8 keluar sebagai pemenang dalam perbandingan ini, dibanderol dengan harga rilis lebih murah tapi dengan chipset lebih bertenaga, kamera lebih bagus, dan sudah pakai USB tipe-C pula.

Yuk dapatkan Infinix Note 8 melalui link ini, atau klik di sini jika Anda tertarik membeli Infinix Note 7! Jadi, alasan apa yang membuat Anda memilih Note 7 atau Note 8? Kasih tahu di kolom komentar ya!

About Iqbal Malik 216 Articles
Saya sangat hobi menulis. Jangan lupa untuk kunjungi situs ini setiap hari yah.