Tidak Sembarangan, Inilah Cara Menangani Sunburn Yang Tepat

Dilansir dari Hello Sehat, sunburn merupakan keadaan kulit yang berwarna merah dan terasa perih seperti terbakar. Masalah kulit yang satu ini biasanya disebabkan alasannya terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari atau terlalu lama terpapar sinar artifisial yang mengandung ultraviolet (UV), mirip sinar di salon yang digunakan untuk tanning. Hal ini tentunya sangat amat menciptakan para penderitanya tidak nyaman, sampai perlu untuk melaksanakan perawatan intens di klinik kecantikan di Jakarta. Sebelum melangkah ke klinik kecantikan, alangkah baiknya kamu melaksanakan dukungan pertama saat mendapati bab tubuh kamu terkena sunburn. Apa sajakah langkah-langkahnya? Berikut ini ialah ulasannya.

 

    1. Kompres dengan air hambar

 

Jika dirasa kulit sedang mengalami sunburn karena terlalu sering terpapar sinar matahari, hal pertama yang perlu dilakukan yakni menghindar dari sinar matahari dan berlindung ke kawasan yang sekiranya terbebas dari terik matahari langsung. Selanjutnya, kau diharuskan untuk mengompres luka bakar balasan sinar matahari tersebut dengan air cuek atau es, namun jangan menempelkan es pribadi ke kulit. Jika tidak ada es kerikil, kau mampu mandi dengan air acuh taacuh dan menghindari produk sabun yang berbahan baku keras agar tidak mengalami iritasi.

 

    1. Menggunakan pelembap

 

Kamu juga mampu menggunakan pelembap yang mengandung pengecap buaya atau kedelai untuk meredakan peradangan akhir sinar matahari. Jika kamu merasa ada beberapa bagian yang sangat perih maka kau mampu memakai krim hidrokortison yang bisa kau dapatkan di apotek tanpa menyertakan resep dokter. Saat mengalami kondisi kulit seperti ini, kau harus menghindari bahan obat-obatan yang berakhiran -caine alasannya bahan tersebut mampu menjadikan alergi dan iritasi.

 

    1. Jangan memencet kulit yang melepuh

 

Jika muncul lepuhan di permukaan kulit yang terbakar, maka kamu dihentikan keras untuk memencetnya. Pasalnya, lentingan tersebut mengandung cairan alami tubuh kamu dan juga lapisan pelindung. Memencet lepuhan juga tentunya mampu memperlambat penyembuhan dan justru meningkatkan risiko infeksi.

 

    1. Kelupas kulit dengan lembut

 

Dalam beberapa hari, kulit yang terbakar atau melepuh akan mulai kering dan juga mengelupas. Namun, kau tidak disarankan untuk mengelupasi lapisan kulit ini dengan paksa apalagi jika masih terasa perih. Kamu harus tetap menawarkan pelembab dengan banyak semoga lapisan yang rusak ini terkelupas dengan alami dan juga tidak terpaksa.

 

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai penanganan utama dalam mengatasi kulit yang terbakar atau terkena sunburn. Semoga bermanfaat!

About Iqbal Malik 273 Articles
Saya sangat hobi menulis. Jangan lupa untuk kunjungi situs ini setiap hari yah.