Bledug Kuwu, Semburan Lumpur Yang Menjadi Tempat Wisata Unik

Tempat wisata tidak harus selalu tempat yang menarik untuk difoto atau pesona alam yang indah saja. Banyak juga kawasan wisata menarik yang lebih memperlihatkan keunikan dan keistimewaannya sendiri tetapi tetap bisa menarik perhatian wisatawan. Tengok saja Lawang Sewu yang berada tidak jauh dari hotel di Simpang Lima Semarang. Dulu sebelum dibersihkan dan dikelola dengan baik mirip kini, gedung ini sangat kotor dan menyeramkan. Namun inilah yang menjadi daya tarik gedung tua ini dan membuat banyak wisatawan penasaran untuk datang.

 

Nah, kalau kamu sudah pernah mengunjungi gedung tersebut dan sedang mencari alternatif tempat unik gres, bisa mengunjungi Bledug Kuwu. Memang, sih, lokasinya cukup jauh dari Semarang, ialah sekitar 80 km atau 2 jam lebih perjalanan. Namun, dijamin deh, setelah kau hingga ke tempat ini kau tidak akan menyesal.

 

Bledug Kuwu merupakan tempat wisata unik yang menampilkan semburan lumpur infinit dalam ukuran yang sangat besar. Bledug yang berarti kawah lumpur dan kuwu merupakan lokasi kawasan Bledug Kuwu berada, yakni di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Letupan kawah lumpur yang ada di sini bahwasanya tidak hanya satu, melainkan beberapa titik. Hanya saja, ada satu letupan kawah paling besar dan inilah yang biasanya paling menarik perhatian para wisatawan.

 

Tidak ada yang tahu semenjak kapan letupan kawah ini mulai ada, tetapi diperkirakan keberadaannya sudah semenjak ratusan ribu tahun kemudian atau bahkan lebih. Meskipun begitu, letupan ini tidak menyebabkan banjir lumpur seperti yang terjadi di Sidoarjo. Penyebabnya sebab fenomena ini terjadi secara alami, yaitu balasan dari terkumpulnya gas pada perut bumi yang kemudian terdesak keluar.

 

Untuk bisa melihat fenomena letupan kawah ini kau tidak perlu menunggu usang, alasannya letupan terjadi sangat sering yakni sekitar 2 sampai 3 menit sekali. Untuk keamanan pengunjung, maka siapa pun yang datang ke kawasan ini tidak diizinkan mendekati area letupan dan hanya boleh menikmatinya dari jauh.

 

Keistimewaan lain yang dimilikinya yaitu, kandungan mineral yang dibawa dalam letupan ini, yakni kandungan garam. Itulah sebabnya, saat kau pergi ke sini kamu bisa melihat ada banyak sekali bambu yang dipotong dua dan ditata rapi. Di bagian dalamnya terdapat air yang mengandung garam dan memang sedang dijemur.

Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata dengan fenomena alam unik ini?

About Iqbal Malik 239 Articles
Saya sangat hobi menulis. Jangan lupa untuk kunjungi situs ini setiap hari yah.